share your knowledge here

 A. PENDAHULUAN

Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Internet (inter-network) dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet.
Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar.

Penggunaan teknologi komputer dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap bentuk sistem organisasi komputer. Sekarang ini, konsep ”pusat komputer’ dalam sebuah ruangan dimana semua pengguna mengolah data, merupakan konsep yang ketinggalan zaman. Konsep komputer tunggal yang melayani seluruh tugas komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer yang berjumlah banyak dan terpisah-pisah, tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Yang disebut sebagai sistem jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya, dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (telephone) sehingga dapat saling berbagi informasi, program dan penggunaan bersama perangkat keras. Pemanfaatan jaringan komputer banyak digunakan di berbagai instansi bank, perusahaan, warnet, laboratorium, universitas.

Komputer dan jaringan internet tidak dapat dipisahkan lagi karena kedua hal itu sangat diperlukan dalam memudahkan segala urusan dan kebutuhan manusia. Jaringan internet sekarang sudah tidak asing lagi bahkan disetiap instansi atau lembaga menyediakan area hot spot. Karena sebegitu pentingnya internet bagi menunjang pekerjaan bagi setiap orang sekarang banyak sekali orang yang membuka warung internet atau biasa disebut dengan warnet. Jaringan komputer pada warnet di fokuskan pada akses jaringan internet. Internet banyak digunakan untuk memperoleh berbagai informasi, bahan atau materi kuliah, media untuk bisnis, komunikasi, dll.

Pemasangan jaringan internet melalui jaringan telepon yang di salurkan ke tiap-tiap komputer melalui modem (ADSL) dengan menggunakan provider SPEEDY. Jaringan SPEEDY dipilah sebagai koneksi internet karena akses atau koneksinya cukup cepat, namun terkadang koneksi lambat bahkan koneksinyan terputus, hal ini disebabkan karena bandwithnya dibagi dengan banyak pengguna, sehingga terjadi perebutan bandwith atau jalur yang dilalui oleh gelombang pada internet.
Dalam hal ini kita akan membahas hasil survei tentang bagaimana sistem jaringan komputer dan sistem jaringan internet di warnet 2000NET.

 

B.     MAKSUD DAN TUJUAN OBSERVASI

Maksud dan tujuan dari survei kami adalah untuk mengetahui bagaimana sistem jaringan komputer dan internet di warnet 2000NET, mengetahui sistem keamanan yang digunakan, perangkat yang digunakan, perawatan perangkat, dan mengetahui gangguan apa saja yang sering dialami oleh jaringan internet, sehingga nantinya makalah ini dapat dijadikan sumber referensi bagi para pembaca.

 

C.    DESKRIPSI TEMPAT OBSERVASI

Nama warnet               :           2000NET

Lokasi                         :           Belakang Apotik ASTU, Pedan, Klaten

Fasilitas                       :           Printing, Scan, Burning CD, cetak dan edit foto,

Web camera, Card Reader, Bluetooth, Headset, Musholla, Toilet

Tarif                            :           2000/jam, 1500/jam (setelah jam 22.00)

 

 

D.    HASIL OBSERVASI

Kami mengadakan survei dengan cara mengajukan berbagai macam pertanyaan dan langsung dijawab oleh narasumber,yaitu:

  1. Perangkat apa saja yang digunakan dalam pemasangan internet?

Jawab: Perangkat yang digunakan dalam pemasangan internet di 2000NET adalah komputer, spliter, kabel telepon, modem switch hub, dan kabel.

  1. Jaringan apa (provider) yang digunakan ?

Jawab : Provider yang digunakan adalah SPEEDY

  1. Bagaimana cara kerja sistem jaringan yang digunakan ?

Jawab :Sistem jaringan ke ADSL dihubungkan kejaringan internet melalui jaringan line telepon. Dengan menumpang pada jaringan telepon rumah yang dipisahkan mengunakan alat bernama spliter yg berguna untuk memisahkan antara jaringan internet dengan jaringan telepon kemudian jaringan internet disalurkan ke modem dan switch hub untuk diteruskan ke semua perangkat komputer.

  1. Kendala apa yang sering dialami dalam pengelolaan jaringan internet?

Jawab : Kendala yang dialami adalah:

a. Koneksi terputus dari provider

b. Serangan virus yang mengacaukan jaringan ( Spam , worm, dll )

c. Komputer trouble

  1. Alat apa yang digunakan untuk mengamankan data, jaringan internet dan jaringan komputer?

Jawab : alat yang digunakan untuk mengamankan data adalah

  1. Antivirus
  2. Pemasangan Router.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan. Di dalam router bisa diseting firewall, penutupan bagian- bagian yang sering digunakan virus dan dapat digunakan sebagai limiter.

Jenis topologi yang digunakan adalah topologi stars. Sistem keamanan data yang digunakan adalah deefresh (komputer dibekukan). Manfaat dari penggunaan sistem deepfresh yaitu :

  1. Untuk mencegah masuknya virus dari flashdisk dari para penggunaan

billing.

  1. Untuk mencegah sistem hilang dan rusak.
  2. Untuk mencegah account client yang belum ditutup ketika

menggunakan internet.

  1. Adakah keluhan dari pengunjung? Masalahnya apa?

Jawab : Ada. Jika koneksi dari SPEEDY lambat, banyak yang komplain. Kelemahan dari SPEEDY adalah bandwithnya dihubungkan dengan banyak pengguna sehingga terjadi perebutan bandwith. Tetapi kalau memakai ISP bandwith yang diperoleh hanya sesuai dengan yang disewa saja.

  1. Perawatan apa sajakah yang dilakukan?

Perawatan yang dilakukan antara lain :

  1. Penginstalan ulang operasi sistem maupun pemrogaman pendukung akses internet download ( IDM, Macromedia Flash, FLV, Opera, K-Lite, Flash Player ).
  2. Penggantian hardward meliputi hardisk dan LAN card.
  3. Pembersihan PC dan pemberian pasta.

 

 

E.     PEMBAHASAN HASIL OBSERVASI

Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet Perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan fungsinya, antara lain:

1. KOMPUTER

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi berikut:
Processor merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 164 MB. Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik. Harddisk minimal 10GB VGA card . Merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.  Monitor merupakan perangkat output.

2. MODEM

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:

  • Modem Dial Up ( Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL)

Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:

1)        Modem Internet

Modem Internet merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungannya:

a)                  Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis

b)                  Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada

banyak kabel.

Kelemahannya:

a)                  Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk

memantau status modem

b)                  Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

2)                  Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:

a)                  Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain

b)                  Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.

Kelemahan dari modem eksternal:

a)                  Harga lebih mahal dari pada modem internal

b)                  Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

  • Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber line).

ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.

  1. 3.    Saluran Telepon (Line Telepon)

Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet. Untuk mengamankan data dan jaringan kita dapat menggunakan antivirus dan pemasangan Router. Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan kejaringan lainnya. Di dalam router dapat disetting firewall, yang bertujuan untuk mencegah masuknya trafik yang tidak di inginkan ke dalam jaringan, bersamaan dengan trafik yang di inginkan (menutup bagian- bagian yang sering di gunakan virus.

Router terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah router dengan windows 2007. Dengan memenuhi standar perusahaan Microsoft untuk Windows 7, router ini memastikan para konsumen mendapat hasil yang maksimal dari jaringan mereka,” kata Desmond Toh, Direktur Pemasaran D-Link International Pte Ltd. Selain mendukung teknologi berstandar 802.11n dan menyediakan kinerja nirkabel berkecepatan tinggi. Perangkat ini juga dilengkapi fitur keamanan jaringan terbaru guna mencegah akses tidak dikenal serta mendukung WPA dan WPA2 untuk tugas enkripsi terbaik, terlepas dari jenis perangkat apa yang digunakan oleh konsumen. Router ini dilengkapi sebuah Wi-Fi protected setup sederhana untuk kemudahan dalam menambah perangkat klien dan mengamankan jaringan. Sebagai tambahan, produk ini dilengkapi Firewall stateful packet inspection (SPI) dan fitur pengunci serangan peretas untuk mencegah akses yang tak dikenal ke jaringan.

SPI akan memeriksa paket-paket yang masuk sebelum mereka diperbolehkan masuk ke jaringan. Sementara itu, fitur pengunci serangan peretasnya akan melindungi jaringan dari serangan denial of service. Selain sebagai router nirkabel, perangkat ini berfungsi sebagai sambungan Ethernet WAN. Yang memiliki kesesuaian penuh dengan perangkat nirkabel 802.11 b/g serta memiliki empat port Ethernet untuk menghubungkan PC, server printer, dan perangkat lain.

Router selain dilengkapi dengan Wi-Fi protected setup dan SPI juga di gunakan sebagai bandwith limiter. Bandwidth Limiter adalah sebuah cara atau aplikasi atau software untuk membatasi koneksi internet dari user dalam suatu Local Area Network atau Wide Area Network sehingga koneksi yang didapat oleh semua user dalam satu struktur jaringan, diharapkan untuk bisa hampir setara.
Ketika gagal melakukan pembatasan bandwidth dengan cara melakukan pembatasan koneksi, maka dilakukan setting dengan melakukan pembatasan bandwidth dengan cara pengalokasian jumlah bandwidth yang tersedia kepada user. Karena saat ini Telkom Speedy, sudah meningkatkan downstream menjadi 1019 Kbps untuk dan upstream 123 Kbps, maka di bagi untuk setiap user mendapatkan jatah sebesar 25Kbps.

Kendala yang sering dialami dalam sistem jaringan internet adalah Koneksi terputus dari provider dan serangan virus yang mengacaukan jaringan (Spam, worm, dll). Ketika berlangganan SPEEDY saluran telepon anda akan menjadi saluran ADSL. Micro-Filter digunakan pada saluran telepon anda sehubungan dengan peningkatan kualitas koneksi SPEEDY. Micro-Filter akan memfilter frekwensi tinggi sehingga ADSL signal tidak akan mempengaruhi telepon pada saat digunakan. Sebagai hasilnya saluran telepon anda dapat digunakan untuk surfing Internet dengan kecepatan tinggi dan telepon anda tetap dapat digunakan akan (baik menerima maupun menelpon) secara bersamaan tanpa adanya interferensi dari High-Speed Internet.

Koneksi internet saat ini semakin bertambah cepat, dari broadband, fiber to home, kabel modem dengan triple pay yang menawarkan 1 koneksi dengan berbagai layanan. Salah satu layanan internet yang paling mudah dan murah biayanya saat ini di Indonesia adalah koneksi menggunakan teknologi ADSL yang di sediankan oleh TELKOM dengan Brand.

 

 

 

F.     KESIMPULAN

Komputer dan jaringan internet tidak dapat dipisahkan karena keduanya sangat dibutuhkan oleh manusia, baik bagi dunia pendidikan, IPTEK, industri dan sebagainya. Pemanfaatan komputer dan jaringan internet mampu mempermudah pengguna dalam membantu pekerjaan mereka. Walaupun keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan adanya internet, manusia seperti dibuat mudah karena informasi apa saja yang diinginkan ada dalam internet.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: